IDENTIFIKASI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN KEDAI KOPI MELALUI IKLAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.58437/mim.v12i01.143Abstrak
Media social sudah menjadi rekan dalam menjalankan aktivitas masyarakat termasuk juga dalam menjalakan suatu bisnis. Saat ini media social menjadi salah satu alat perusahaan untuk memasang iklan salah satunya pada Instagram guna meningkatkan minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar iklan mempengaruhi keputusan membeli konsumen pada Kedai Kopi Rich. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode simple random sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 pengunjung Kedai Kopi Rich yang mengisis kuesioner. Kuesioner yang sudah disesuaikan dengan skala likert yang sudah melalui pengujian validitas dan reabilitasnya. Teknik analisa data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linear. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa analisis data dan pembahasan iklan memiliki pengaruh yang positif pada keputusan pembelian yang dilakukan konsumen. Hasil demikian membuktikan bahwa iklan melalui sosial media Instagram dapat memberikan pengingkatan jumlah keputusan pembelian oleh konsumen.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.