EFISIENSI PELAYANAN PERIZINAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.58437/mim.v11i3.132Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efisiensi pelayanan perizinan pada kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang dengan studi kasus pada bagian lalu lintas Angkutan laut dan Usaha Kepelabuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat perbandingan antara biaya standar waktu penyelesaian jauh dari ketentuan, standar biaya izin masih sangatlah tinggi dalam pemanfaatan teknologi yang tentunya dimiliki oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang, kurang mendukungnya pekerjaan pelayanan izin baik pekerjaan administrasi maupun lapangan, formalitas sistem dan prosedur masih juga dirasakan kurang ataupun rendah, tapi variabel kemampuan kerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pelayanan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.