EFISIENSI PELAYANAN PERIZINAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II PALEMBANG

Penulis

  • Farid Wadjdi
  • Herwan Rasyid STIE APRIN Palembang
  • Ali Sadikin STIE APRIN Palembang
  • M. Senen Har STIE APRIN Palembang

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v11i3.132

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efisiensi pelayanan perizinan pada kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang dengan studi kasus pada bagian lalu lintas Angkutan laut dan Usaha Kepelabuhan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan telaah dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat perbandingan antara biaya standar waktu penyelesaian jauh dari ketentuan, standar biaya izin masih sangatlah tinggi dalam pemanfaatan teknologi yang tentunya dimiliki oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Palembang, kurang mendukungnya pekerjaan pelayanan izin baik pekerjaan administrasi maupun lapangan, formalitas sistem dan prosedur masih juga dirasakan kurang ataupun rendah, tapi variabel kemampuan kerja pegawai berpengaruh signifikan terhadap efisiensi pelayanan.

Diterbitkan

11-02-2023

Cara Mengutip

Farid Wadjdi, Rasyid, H., Sadikin, A., & Har, M. S. (2023). EFISIENSI PELAYANAN PERIZINAN PADA KANTOR KESYAHBANDARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS II PALEMBANG. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 11(3), 32–43. https://doi.org/10.58437/mim.v11i3.132

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama