PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) BAHASA INDONESIA JURUSAN MANAJEMN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI APRIN PALEMBANG

Penulis

  • Serli Lestari STIE APRIN PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.94

Kata Kunci:

Pengembangan, Modul, Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil kebutuhan modul menurut mahasiswa dan dosen; (2) merancang modul berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen; (3) menghasilkan modul yang praktis; dan (4) mengetahui efek potensial modul terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Validasi modul dilakukan melalui uji validasi ahli dan uji satu kelas. Validasi dilakukan dari segi materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data pada uji coba modul diperoleh melalui tes pilihan ganda sebanyak 50 soal, dan subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Aprin Palembang sebanyak 40 orang mahasiswa. Berdasarkan modul MPK bahasa Indonesia menunjukkan nilai rata-rata 60,9 menjadi 79,5 (selisih 18,6). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan modul MPK bahasa Indonesia hasil pengembangan ini memiliki pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi- materi MPK bahasa Indonesia.

Diterbitkan

09-11-2022

Cara Mengutip

Serli Lestari. (2022). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) BAHASA INDONESIA JURUSAN MANAJEMN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI APRIN PALEMBANG. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 11(1), 68–89. https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.94