PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) BAHASA INDONESIA JURUSAN MANAJEMN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI APRIN PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.94Kata Kunci:
Pengembangan, Modul, Bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil kebutuhan modul menurut mahasiswa dan dosen; (2) merancang modul berdasarkan analisis kebutuhan mahasiswa dan dosen; (3) menghasilkan modul yang praktis; dan (4) mengetahui efek potensial modul terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development). Validasi modul dilakukan melalui uji validasi ahli dan uji satu kelas. Validasi dilakukan dari segi materi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Data pada uji coba modul diperoleh melalui tes pilihan ganda sebanyak 50 soal, dan subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Aprin Palembang sebanyak 40 orang mahasiswa. Berdasarkan modul MPK bahasa Indonesia menunjukkan nilai rata-rata 60,9 menjadi 79,5 (selisih 18,6). Dengan demikian, peneliti menyimpulkan modul MPK bahasa Indonesia hasil pengembangan ini memiliki pengaruh potensial dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman mahasiswa terhadap materi- materi MPK bahasa Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.