PENERAPAN METODE FORECAST DALAM MENYUSUN ANGGARAN PENJUALAN PADA PD. CAKRAWALA

Authors

  • Yunita Hasrina STIE APRIN PALEMBANG
  • Debby Marthalia STIE APRIN PALEMBANG
  • Ayunnisa Triana Wardani STIE APRIN PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v10i2.66

Keywords:

Forecast, Anggaran Penjualan

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PD. Cakrawala Palembang yang terletak di jalan Dr. Cipto No 41 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peramalan (forecast) penjualan PD. Cakrawala Palembang dengan metode least square dan metode trend moment. Kemudian untuk menentukan forecast manakah yang paling sesuai untuk digunakan di PD. Cakrawala Palembang dalam menyusun anggaran penjualan. Pendekatan penelitian ini menggnakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk menentukan anggaran penjualan yaitu metode moment dan least square. Dengan menggunakan metode tersebut anggaran penjualan untuk tahun 2021 sebesar Rp. 420.594.992,4. Sebelum menggunakan metode tersebut nilai SKF sebesar Rp. 259.312.198 namun setelah menggunakan metode tersebut nilai SKF lebih rendah yaitu Rp. 56.452.065. Perusahaan dapat menggunakan metode kuantitatif yaitu analisis trend dengan metode least square dan moment. Kedua metode tersebut menghasilkan nilai yang sama jika diterapkan dalam menghitung anggaran penjualan. Namun diantara kedua metode tersebut, sebaiknya PD. Cakrawala Palembang menggunakan metode least square karena perhitungan metode least square lebih mudah dari pada metode moment.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Yunita Hasrina, Debby Marthalia, & Ayunnisa Triana Wardani. (2022). PENERAPAN METODE FORECAST DALAM MENYUSUN ANGGARAN PENJUALAN PADA PD. CAKRAWALA. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 10(2), 40–52. https://doi.org/10.58437/mim.v10i2.66