PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA WARUNG BAKSO SOLO MACAN LINDUNGAN PALEMBANG

Authors

  • Tutik Pebrianti Universitas Sjakhyakirti

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.89

Keywords:

Produk,Lokassi dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian oleh konsumen pada warung bakso solo macan lindungan Palembang. Penelitian ini dilakukan di Jl. Macan Lindungan Ilir Barat 1 kota Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Warung Bakso Solo Macan Lindungan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi yang dipilih menjadi sampel, ingkat populasi yang digunakan adalah 0,05. Teknik pengumpulan data variabel dengan menggunakan skala likert. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f serta analisis koefisien determinasi (R2). dengan menggunakan analisis jalur dengan program IBM SPSS 25. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa kedua variabel independen produk, lokasi yang diteliti terbukti secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen keputusan pembelian konsumen. Hal ini dapat dibuktikan dengan semua nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Secara simultan variabel produk dan lokasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung 30,295 > Ftabel 2,31 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan (R2) sebesar 0,372 artinya sebesar 37% menyumbangkan variabel produk dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen dan sisanya 63% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dipenelitian ini.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Tutik Pebrianti. (2022). PENGARUH PRODUK DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN PADA WARUNG BAKSO SOLO MACAN LINDUNGAN PALEMBANG. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 11(1), 9–25. https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.89