PENGARUH KOMPETENSI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 20 PALEMBANG

Penulis

  • Ismandra STIE APRIN PALEMBANG
  • Fitri Septia STIE APRIN PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v10i2.72

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kompetensi dan beban kerja terhadap produktivitas tenaga pendidik di masa pandemi covid 19. Sampel dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 20 Palembang sebanyak 41 responden, data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah kuantitatif meliputi uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, persamaan regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis yaitu uji t, uji F, dan koefisien determinasi sedangkan pengelohan datanya menggunakan SPSS for windows versi 25.  Hasil penelitian ini menunjukkan, variabel kompetensi (X1) terdapat nilai thitung (2.982) > ttabel (1.682), dengan tingkat sig.t 0,006 < 0,05 (signifikan) artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel kompetensi (X1) terhadap produktivitas (Y), sedangkan variabel beban kerja (X2) terdapat nilai thitung (2.903) > ttabel (1.682), dengan tingkat sig.t 0,006 < 0,05 (signifikan) artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel beban kerja (X2) terhadap produktivitas (Y). Adapun hasil uji Fhitung sebesar (11.080) > Ftabel (3.23), dengan tingkat sig.F sebesar 0.000 < 0.05 (signifikan), maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya kompetensi dan beban kerja secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga pendidik pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 20 Palembang.  nilai koefisien determinasinya atau R Square sebesar 0,774 atau 77,4%. Variabel kompetensi dan beban kerja dapat dijelaskan atau mempengaruhi variabel produktivitas sedangkan sisanya sebesar 33,6% berpengaruh dengan faktor lain yang tidak dibahas didalam penelitian.

Diterbitkan

08-11-2022

Cara Mengutip

Ismandra, & Fitri Septia. (2022). PENGARUH KOMPETENSI DAN BEBAN KERJA TERHADAP KINERJA TENAGA PENDIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19 STUDI KASUS PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 20 PALEMBANG. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 10(2), 170–183. https://doi.org/10.58437/mim.v10i2.72

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama