Peran Program Corporate Social Responsibility Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Bangun Sari Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Farid Wadjdi STIE APRIN PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.96

Keywords:

CSR (Corporate Social Responsibility), Pemberdayaan Ekonomi, Masyarakat

Abstract

Pemberdayaan masyarakat adalah sebuah pembangunan ekonomi yang merangkum nilai-nilai sosial.  Konsep ini mencerminkan paradigma baru dalam pembangunan yaitu bersifat people centered, partisipatory, empowering and sustainable. Judul jurnal ini adalah Peran Program Corparate Social Responsibility dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Bangun Sari Kabupaten Muara Enim oleh PT. Medco E & P Lematang yang bertujuan 1). mengetahui pelaksanaan program Corporate Social Responsibility dalam pemberdayaan ekonomi di Desa Bangun Sari. 2). Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat kinerja Pemerintah Desa Bangun Sari dalam pemberdayaan ekonomi. Metode yang dipakai dalam penelitan ini adalah kualitatif.Hasil penelitian 1). Rangkaian pengembangan kapasitas dalam Corporate Social Responsibility yang terdiri dari kegiatan sosialisasi, pelaksanaan siklus, dan pelatihan di Desa Bangun Sari telah dijalankan dengan baik, dengan menggunakan pendekatan sosio-kultural yaitu dengan memperhatikan aspek keagamaan, aspek gender dan kebiasaan sehari-hari masyarakat. 2). Faktor Sikap dan cara pandang masyarakat Desa Bangun Sari terhadap pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat tergolong baik atau tinggi. Sikap dan cara pandang masyarakat tersebut secara umum tidak dipengaruhi oleh golongan usia, tingkat pendidikan dan perannya dalam kegiatan program namun lebih banyak dipengaruhi oleh jenis kelamin. Kualitas keterlibatan, peran dan tanggapan kaum perempuan terhadap pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat masih lebih.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Farid Wadjdi. (2022). Peran Program Corporate Social Responsibility Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Bangun Sari Kabupaten Muara Enim. Majalah Ilmiah Manajemen STIE Aprin Palembang, 11(1), 99–109. https://doi.org/10.58437/mim.v11i1.96